Mar 062018
 

Titiek Soeharto Salurkan Bantuan Bibit Pohon di Sleman

 

 

YOGYAKARTA – Sebagai upaya memulihkan kondisi kawasan yang rusak akibat bencana erupsi, keluarga besar Presiden RI kedua, HM Soeharto, melalui tujuh yayasan, melakukan upaya nyata berupa penghijauan, dengan membagikan ribuan bibit tanaman produktif kepada warga di sekitar lereng Gunung Merapi, Jumat (2/3/2018).

Sebanyak 1.600 bibit pohon sengon diberikan oleh Yayasan Dana Gotong-Royong Kemanusiaan Siti Hartinah Soeharto (YDGRK) kepada warga masyarakat sekitar. Putri Presiden kedua RI, Siti Hediati Haryadi, Titiek Soeharto, sebagai Anggota Komisi IV DPR RI, juga turut memberikan bantuan sebanyak 5.000 bibit pohon produktif seperti mahoni, hingga tanaman buah di antaranya sirsak, jeruk, rambutan, mangga, jambu hingga rambutan.

Mewakili tujuh Yayasan, Titiek Soeharto menyatakan pemberian ribuan bibit ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian tujuh Yayasan Pak Harto kepada masyarakat yang mengalami musibah bencana. Khususnya, warga di lereng Gunung Merapi yang harus kehilangan jiwa dan hartanya akibat peristiwa erupsi Merapi 2010.

Titiek Soeharto saat melakukan penanaman pohon sengon di dusun Kaliadem, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Jumat (2/3/2018). –Foto: jatmika H Kusmargana

Yayasan Dana Gotong-Royong Kemanusiaan Siti Hartinah Soeharto, selama ini tak pernah berhenti membantu warga Indonesia di berbagai daerah yang tertimpa musibah bencana. Hingga 2017, YDGRK yang berdiri sejak 1986 tercatat telah berkontribusi membantu masyarakat korban bencana di sebanyak 1.071 lokasi yang tersebar di 34 Provinsi, dengan total dana yang disumbangkan mencapai Rp57,5 miliar.

“Kita merasa prihatin dengan bencana yang terjadi di lereng gunung Merapi ini. Berdasarkan data 2017, ada 450 hektare lahan yang perlu dihijaukan. Namun, baru sekitar 90 hektare saja yang bisa dilakukan. Semoga bantuan bibit ini dapat ikut membantu memulihan kelestarian kawasan lereng Merapi,” kata Titiek Soeharto, saat penanaman pohon di dusun Kaliadem, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Jumat (2/3/2018).

Sementara itu, Kepala BPBD Sleman, Joko Supriyanto, menyatakan terima kasih kepada tujuh Yayasan Pak Harto, yang telah ikut membantu meringankan tugas pemerintah dalam upaya pemulihan kawasan lereng gunung Merapi.

Menurutnya, upaya penghijauan kembali harus terus dilakukan, karena sangat penting dalam menjaga kondisi kawasan, baik itu untuk pemeliharaan tanah maupun resapan air.

“Apalagi, Sleman ini merupakan daerah resapan air. Kita harapkan warga sekitar dapat menjaga dan merawat bibit tanaman ini, sehingga nanti bisa memanfaatkan hasilnya. Apalagi, bantuan bibit yang diberikan merupakan bibit tanaman produktif, sehingga memiliki nilai ekonomis,” katanya.

Selain dihadiri sejumlah warga dan kelompok pecinta lingkungan, kegiatan penanaman pohon dalam rangka memperingati ‘Bulan Bapak Pembangunan Indonesia HM Soeharto’ ini juga dihadiri sejumlah petinggi tujuh yayasan yakni Damandiri, Harapan Kita, Supersemar, DAKAB, Musim Amal Bakti Pancasila, dan Dharmais.

 

Admin

. Follow Admin on : Facebook, Google+, Twitter, linkedin

  One Response to “Titiek Soeharto Salurkan Bantuan Bibit Pohon di Sleman”

  1. Alhamdulillah…. nyaman rasanya masih ada Pak Soeharto hingga kini, meski diwakili oleh Putrinya. Sepertinya Almarhum masih hidup jika prilaku baik mendiang diteruskan putra putrinya. Semoga atas kesholihan putra putrinya, menjadi fahala untuk almarhum Bapak Pembaangunan kita H. Muhammad Soeharto. Aamiin YRA.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)