Mar 092018
 

Titiek Soeharto Minta Izin Impor Buah dan Bibit Diperketat

YOGYAKARTA — Anggota Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Haryadi SE (Titiek Soeharto) mendorong pemerintah mencegah masuknya buah rock melon (cantalupe) dari Australia ke Indonesia.

Hal tersebut disampaikan pasca kabar adanya kontaminasi bakteri Listeria monocytogenes yang telah mengakibatkan empat warga setempat meninggal beberapa waktu lalu.

Titiek Soeharto menyebutkan, pengetatan oleh balai karantina pertanian perlu dilakukan tidak hanya pada buah yang biasa disebut melon kuning itu namun juga pada buah dan bibit lainnya.

“Harus dicegah, jangan sampai masuk ke sini. Baik bibit maupun buahnya. Sehingga tidak merugikan konsumen maupun petani kita,” katanya seusai menghadiri acara panen padi dan temu tani di dusun Daratan III, Sendangarum, Minggir, Sleman, Jumat (09/03/2018).

Titiek juga mengkritisi begitu mudahnya produk impor dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Sementara di sisi lain, produk dalam negeri sendiri sangat sulit dan harus melewati pemeriksaan ketat jika harus diekspor ke luar negeri.

Titiek Soeharto

Titiek Soeharto saat melakukan panen raya dan temu tani di dusun Daratan III, Sendangarum, Minggir, Sleman – Foto: Jatmika H Kusmargana

Karena itu ia pun mendorong agar pemerintah dalam hal ini pihak karantina pertanian agar lebih mengutamakan setiap produk yang masuk ke Indonesia.

“Kalau produk kita dikirim keluar sangat ketat. Tapi dari sana ke sini kok lewat begitu saja. Mestinya ada pengetatan. Jika ada indikasi berbahaya bagi masyarakat, untuk sementara sebaiknya dihentikan dulu,” katanya.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu muncul kabar adanya empat warga Australia yang meninggal akibat terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes pada buah rock melon (cantalupe) asal Australia.

Untuk mencegah menyebarnya bakteri tersebut pemerintah sendiri telah menutup keran impor buah rock melon asal Australia tersebut melalui keputusan menteri pertanian nomor 207/Kpts/KR.040/3/2018.

Ditutupnya keran impor buah rock melon itu dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen buah-buahan di Indonesia dan antisipasi terjadinya kejadian yang sama di Indonesia.

 

Sumber : https://www.cendananews.com/2018/03/titiek-soeharto-minta-izin-impor-buah-dan-bibit-diperketat.html

Admin

. Follow Admin on : Facebook, Google+, Twitter, linkedin

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)