Feb 292016
 
Titiek Soeharto

Lunturnya pemahaman dan pengamalan masyarakat tentang dasar negara Pancasila membuat Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Siti Hediati Soeharto atau dikenal Titiek Soeharto terjun ke akar rumput untuk mensosialisasikannya.

Titik menggelar sosialisasi itu melalui rapat dengar pendapat dengan masyarakat (RDPM) dan jaring aspirasi di Balai Desa Margokaton, Seyegan, Sleman, Sabtu (27/2/2016).

Acara yang sekaligus sebagai media penjaringan aspirasi itu bertemakan, menjaga dan mempertegas Pancasila sebagai dasar negara dan pedoman hidup, dihadiri sedikitnya 200 peserta. Terdiri atas seluruh Muspika Seyegan, lembaga swadaya masyarakat (LSM), Karangtaruna serta kelompok tani dan tim penggerak PKK.

Titiek yang juga anggota MPR RI itu mengatakan, pancasila merupakan dasar Negara Republik Indonesia sekaligus pedoman hidup dalam berbangsa. Oleh sebab itu, jika pemahaman dan pengamalan nilai Pancasila dilakukan dengan baik maka akan berpengaruh pada kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Semakin baik pemahaman dan pengamalan Pancasila, maka semakin baik pula nilai serta kualitas hidup berbangsa kita, begitu juga sebaliknya,” tegas politisi partai berlambang beringin ini, Sabtu (27/2/2016).

Ia mengingatkan, agar generasi muda Indonesia jangan lupa dengan jati dirinya, berupa konsep nilai luhur Pancasila. Sehingga Pancasila menjadi penting untuk dihayati dan ditanamkan ke generasi penerus bangsa.

Terkait hal itu, Titiek menyatakan pentingnya melakukan konsolidasi dari pusat sampai daerah untuk membentuk sebuah rencana strategis jangka panjang. “Seperti halnya model GBHN [Garis-garis Besar Haluan Negara],” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Saifuddin Ketua Pelaksana RPDM menambahkan, semakin menurunnya kadar pemahaman dan penghayatan masyarakat terhadap pilar kebangsaan khususnya Pancasila membuat kegiatan serupa sangat penting digelar. “Agar masyarakat selalu berpedoman dengan Pancasila,” kata dia.

Titiek Soeharto

Siti Hediati Soeharto SE, putri Presiden RI kedua HM Soeharto, Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPP Partai Golkar, Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI), Ketua Umum Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI), Pembina Yayasan Supersemar, Pembina Yayasan Purna Bhakti Pertiwi. Follow Titiek Soeharto on : Facebook, Google+, Twitter, linkedin

  2 Responses to “Titiek Ajak Warga Amalkan Pancasila”

  1. Ma’af bu, yang paling utama harus mengamalkan “Pancasila” adalah Pemerintah (executive) MPR/DPR (legislatif) MA (Yudikatif) beserta aparaturnya, rakyat bisa diyakinkan apabila seluruh aparatur negara melaksanakan bisa dipastikan rakyat melaksanakan.
    Ukuran pelaksanaan Pancasila dapat dilihat dari berhasil tidaknya wujud Keadilan sosial di rakyat Indonesia atau dianggota organisasi yang melaksanakan “Pancasila”……
    Jangan kita dilupakan bahwa pancasila adalah warisan terbesar untuk bisa dijadikan rujukan pergaulan antar negara bahkan menjadi landasan idiologi dunia di PBB…..semoga Pancasila kembali menjadi keyakinan Bangsa Indonesia..salam Mamayu Hayuning Bawana

  2. lebih damai dan aman, wktu ada p Harto…saya sangat rindu dg situasi dulu…
    moga dari keluarga p harto, bisa menjiwai dan mewarisi kepemimpinan beliau….

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)