Mar 132018
 

Tekan Masalah Sosial, Damandiri Kucurkan Rp 1,5 Miliar di Krambilsawit

 

Pengentasan kemiskinan dan upaya mensejahterakan masyarakat terus dilakukan oleh pemerintah. Program mulia ini sepantasnya mendapat dukungan dan bantuan dari beberapa pihak lainnya.

Seperti yang dilakukan yayasan milik keluarga mantan Presiden Soeharto di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Sabtu (10/03/2018). Yayasan yang diberinama Damandiri ikut berkontribusi dalam upaya menekan permasalahan sosial di Krambilsawit.

Sejumlah program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan diterapkan di Desa Krambilsawit. Pasalnya desa pinggiran ini memiliki potensi baik dari sumber daya manusia yang memadahi, pertanian, peternakan dan beberapa bidang lainnya.

Ketua panitia kegiatan, Muhammad Lukman Hakim mengatakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat Krambilsawit berupa bedah rumah, gerobak warung dan sarana prasarana posyandu maupun posbindu. Untuk menggarap beberapa program yang berjuluk Desa Mandiri Lestari itu, dana yang dikucurkan oleh yayasan mencapai Rp 1,5 miliar.

“Stimulan itu kemudian diserahkan ke koperasi yang ada di desa Krambilsawit. Semua kebutuhan yang diperlukan, koperasi ini yang mengelola dan menyediakan,” kata Muhammad Lukman Hakim disela acara.

Adapun bantuan yang akan segera terealisasi yakni pembangunan atau bedah rumah milik 30 warga. Masing-masing menerima sumbangan dana sebesar Rp 25 juta. Tak hanya itu, 50 gerobak warung juga akan diberikan kepada warga dengan masing-masing orang mendapat Rp 3 juta.

Lukman menambahkan, koperasi dibawah pimpinan Muhammad Lukman Hakim itu akan menyediakan seluruh kebutuhan masyarakat baik kebutuhan pokok hingga kebutuhan lainnya. Tujuan dari pembuatan koperasi ini untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan jual beli kebutuhan. Sehingga tidak perlu pergi dengan jarak puluhan kilometer demi kebutuhan pokok.

“Program ini tentu sangat membantu masyarakat dalam segala hal. Mereka dipermudah dalam pemenuhan kebutuhan, dan diberi arahan untuk dapat lebih maju lagi. Sehingga permasalahan sosial seperti kemiskinan akan mengalami penurunan,” tambah dia.

Dalam acara launching program penuntasan kemiskinan dan pemberian bantuan ini dihadiri pula oleh pejabat penting diantarannya anggota DPRD DIY, Slamet, S.Pd dan anggota Komisi IV DPR RI Titiek Soeharto. Masyarakat setempat pun menyambut baik adanya program ini. Terlihat antusias mereka begitu luar biasa dengan menyuguhkan produk-produk asli Krambilsawit.

 

Sumber : http://gunungkidul.sorot.co/berita-95866-tekan-masalah-sosial-damandiri-kucurkan-rp-15-miliar-di-krambilsawit.html

Admin

. Follow Admin on : Facebook, Google+, Twitter, linkedin

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)