Panduan Relawan Mbak Titiek Soeharto

 

Mari kita dukung kerja-kerja kebangsaan Mbak Titiek Soeharto dalam melanjutkan perjuangan Presiden RI ke-2 HM Soeharto, mewujudkan Indonesia lepas landas, mensejajarkan diri dengan negara maju, melalui kreativitas yang kita miliki masing-masing. Menuju Indonesia sebagai bangsa yang maju, stabil, berdaulat, adil dan makmur, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Panduan relawan untuk Mbak Titiek Soeharto ini dibuat sebagai panduan kita semua dalam memberikan kontribusi berdasarkan kreativitas masing-masing dalam bentuk:

1) Event Koordinator (mendukung melalui event)

  • Membuat ide atau menyelenggarakan event yang sebagian atau pada bagian-bagian tertentu memuat pesan-pesan yang dapat menggelorakan semangat perjuangan bangsa Indonesia mencapai lepas landas landas (menuju bangsa maju, stabil, memiliki kedaulatan pangan dan ditopang industri yang tangguh), bersama Mbak Titiek Soeharto. Mengirimkan dokumentasi event tersebut ke email sitihediati.soeharto@gmail.com atau fans page Mbak Titiek Soeharto.
  • Secara sukarela, dalam batas kelonggaran yang dimilikinya serta dalam jangkauan geografis, membantu penyelenggaraan event atas kerja-kerja kebangsaan yang diselenggarakan Mbak Titiek Soeharto.

2) Fotografi (mendukung melalui dokumentasi acara)

  • Terlibat aktif mendokumentasikan (dengan kamera yang ada: HP, poket atau SLR) kegiatan-kegiatan Mbak Titiek Soeharto atau kegiatan masyarakat yang ada hubungannya dengan Mbak Titiek Soeharto, khususnya kerja-kerja kebangsaan untuk melanjutkan perjuangan tinggal landas, menuju bangsa yang maju dan berdaulat.
  • Aktif memposting foto hasil dokumentasi melalui fanpage Mbak Titiek Soeharto atau mengirim melalui email sitihediati.soeharto@gmail.com

3. Video Production (mendukung melalui produksi video),

Membangun ide, rencana dan/atau produksi video terkait profil/aktivitas Mbak Titiek Soeharto, khususnya kerja-kerja kebangsaan melanjutkan perjuangan tinggal landas, menuju bangsa yang maju dan berdaulat. Ide dan rencana bisa disampaikan melalui email atau pesan di fanpage. Hasil produksi bisa di upload sendiri ke akun youtube masing-masing atau melalui email ke kami.

4. Audio Production (mendukung melalui produksi audio),

Membangun ide, rencana dan/atau produksi audio (seperti jingle dan semacamnya) terkait profil/aktivitas/ misi Mbak Titiek Soeharto dalam melanjutkan perjuangan tinggal landas, menuju bangsa yang maju dan berdaulat. Ide dan rencana bisa disampaikan melalui email atau pesan di fanpage.

5. Media Sosial (mendukung melalui media sosial),

  • Aktifitas yang penting di facebook: like fanpage, follow fanpage, invite friends, like post, komentar post, dan share post.
  • Aktifitas yang penting di twitter: follow twitter, favorite Tweet, retweet
  • Aktifitas penting di media social lainnya menyesuaikan dengan akun media sosial mbak Titiek Soeharto sesuai term masing-masing sosial media

6. Desain Grafis & Illustrasi (mendukung melalui karya visual),

Membangun ide, rencana dan/atau produksi desain grafis & ilustrasi  terkait profil/aktivitas/misi Mbak Titiek Soeharto khususnya kerja-kerja kebangsaan dalam melanjutkan perjuangan tinggal landas, menuju bangsa yang maju dan berdaulat. Ide, rencana dan produksi bisa disampaikan melalui email atau pesan di fanpage.

7. Animasi & Multimedia

Membangun ide, rencana dan/atau produksi desain animasi & multimedia  terkait profil/aktivitas/misi Mbak Titiek Soeharto, khususnya kerja-kerja kebangsaan dalam melanjutkan perjuangan tinggal landas, menuju bangsa yang maju dan berdaulat. Ide, rencana dan produksi bisa disampaikan melalui email atau pesan di fanpage.

8. Penulis Konten (mendukung melalui penulisan web/blog)

  • Jika memiliki web atau blog atau terbiasa menulis di media seperti kompasiana atau sejenisnya, bisa melanjutkan kebiasaan dengan memberi bobot terkait dengan profil/aktivitas/visi Mbak Titiek Soeharto. Dan yang sangat penting memberi tautan link ke web/artikel Mbak Titiek (http://titieksoeharto.com/).
  • Tulisan yang ingin dimuat secara khusus di web mbak Titiek (http://titieksoeharto.com/) di kirim melalui email sitihediati.soeharto@gmail.com

9. Penulis Lagu (mendukung melalui lagu)

Membangun ide, rencana dan/atau produksi lagu terkait misi kerja-kerja kebangsaan Mbak Titiek Soeharto dalam melanjutkan perjuangan tinggal landas, menuju bangsa yang maju dan berdaulat. Ide dan rencana bisa disampaikan melalui email atau pesan di fanpage. Hasil produksi bisa diupload sendiri ke akun soundcloud masing-masing atau melalui email ke kami.

10. Pemantau Berita (mendukung sebagai pemantau berita)

Banyak berita/tulisan di media online tentang Mbak Titiek Soeharto, baik yang bernuansa positif maupun propaganda negatif. Pemantau berita bisa membantu menyebarluaskan berita-berita positif dan turut serta memberi penyadaran atas propaganda yang tidak berdasar fakta. Pemantauan dilakukan dengan memberikan link serta komentar terhadap nuansa isi berita.

11. Teknologi Informasi (mendukung melalui TI)

Teknologi informasi senantiasa berkembang dengan sangat cepat, sekiranya ada sumbangan pemikiran terlebih kemampuan teknis terkait spesifik teknologi informasi, misalkan keahlian php programmer dan ide bagaimana mengimplementasikan untuk mengembangkan website atau aplikasi untuk menyempurnakan www.titieksoeharto.com.

Panduan ini akan disempurnakan sesuai perkembangan dan masukan yang kami terima.

Terima Kasih

Titiek Soeharto

Siti Hediati Soeharto SE, putri Presiden RI kedua HM Soeharto, Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPP Partai Golkar, Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI), Ketua Umum Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI), Pembina Yayasan Supersemar, Pembina Yayasan Purna Bhakti Pertiwi. Follow Titiek Soeharto on : Facebook, Google+, Twitter, linkedin

  12 Responses to “Panduan Relawan Mbak Titiek Soeharto”

  1. SELAMAT BERJUANG MBA. SALAM SKU PATROLI RAKYAT,

    P4. SALAH SATU KEBERHASILAN SOEHARTO MEMIMPIN INDONESIA

    Bahwa saat ini masyarakat sudah jenuh terhadap prilaku prilaku para penyenggara negara. Rakyat Indonesia secara jujur sangat merindukan sosok pemimpin yang betul memiliki sumberdaya manusia yang bukan dibuat-buat. Dan pemimpin seperti BAPAK H.M.Soeharto selalu didambakan yang mengutamakan tujuan Pancasila sebagai dasar Haluan Negara.

    Sebgai bukti, yang tak dapat dipungkiri semua pihak di nusantara ini. Pada era kepemimpinan beliau sebagai Presiden RI, seluruh penyelenggara negara, mulai dari tingkat pusat hingga pemerintah daerah, bahkan sampai kepelosok desa, beliau selalu mengajarkan / menerapkan hidup dengan pola Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancaila atau dikenal P4. Itu berhasil.

    Dengan mendalami tujuan P4 tersebut, rakyat jelata dengan sendirinya menghormati diri dan cinta terhadap tanah air Indonesia. Ini langkah seorang pemimpin yang mencintai negeri sendiri tanpa dibayangi kegelisahan, karena rakyat selalu mendapatkan kedamaian dan tentram.

    Memahami P4 adalah membentuk rakyat saling menjaga satu sama lain dan situasipun aman, tenteram, stabil karena mampu memenuhi kebutuhan hidupnya, yang dibutuhkan dapat terjangkau oleh masyarakat itu sendiri, tanpa punya pikiran takut kelaparan di Nusantara ini.

    Perbuatan beliau sangat mulia, bapak H.M. Soeharto menjadikan bangsa Indonesia begitu dihormati oleh negara-negara lain didunia.

    Saat ini Republik ini kembali deg-degan menjelang pergantian pemimpin negeri untuk Tahun 2014-2019, yang ttinggal menunggu 3 hari lagi pemilihan yang sedang panas-panasnya, karena gelaran partai politik, menyuguhkan janji-janji kesejahteraan kepada rakyat kembali berdengung.

    Rakyat hanya berharap dan mendambakan pemimpin bangsa Indonesia yang memiliki rasa cinta pada negeri ini atas dasar Pancasila, dan pemimpin yang diharapkan yang mengutamakan kepentingan rakyat bernegara.

    Kami mengucapkan

    Semoga perjuangan
    Komunitas Suara Cendana
    semakin disadari rakyat negeri ini.
    Salam perjuangan

    Ucapan dari segenap personil

    SKU PATROLI RAKYAT

  2. KLARIFIKASI
    Yogyakarta, 09 April 2014
    Kepada
    Yth. Ibu Siti Hediati Soeharto
    di tempat.
    Dengan hormat,
    Dengan ini saya yang bernama Ahmad Nursalim, usia 26 tahun, status pelajar/mahasiswa memberikan klarifikasi terhadap tulisan yang saya kirimkan di halaman testimoni kemaren khususnya terkait dengan pembayaran sisa honor relawan yang tidak dibayarkan oleh lembaga Charta Politika dengan ini saya klarifikasi, bahwa lembaga Charta Politika sudah membayar sisa honor relawan pada tanggal 8 April 2014 pkl. 22.15 wib. Dengan telah dibayarkannya sisa honor relawan tersebut saya mengucapkan banyak terima kasih kepada lembaga Charta Politika, dan saya mohon ma’af atas semua kekhilafan yang saya lakukan.
    Atas perhatian dan kerja samanya, saya mengucapkan banyak terima kasih.
    Hormat saya,
    (Ahmad Nursalim)
    nursalim88.aljaparry@gmail.com
    Tlp. 081567982495

  3. KLARIFIKASI
    Yogyakarta, 09 April 2014
    Kepada : Ibu Siti Hediati Soeharto, SE

    Dengan ini, saya bernama Nur Wahyu Prabowo seorang wiraswasta yogyakarta memohon maaf atas kejadian yang telah saya publikasikan mengenai masalah honor dari lembaga charta politika melewati media on-line agar tidak menyebarluaskan dan memperpanjang masalah tersebut, karena dari pihak charta politika taman siswa telah bertanggung jawab untuk menutup sisa kekurangan honor saya pada hari selasa tanggal 08-04-2014 pukul 22.15 wib dibayar tunai dengan menyerahkan sisa form relawan atau data lapangan saya sebanyak 400 kepala keluarga didaerah kelurahan catur tunggal,condong catur dan condongsari kecamatan depok sleman Yogyakarta.

    Untuk itu saya selaku perwakilan relawan dari sleman meminta kepada Ibu Siti Hediati Soeharto, SE untuk tidak mempermasalahkan kasus yang telah saya perbuat kepada charta politika demikian pula tidak mempermasalahkan lembaga charta politika kepada saya. Karena permasalahan telah diselesaikan dengan cara kekeluargaan dan sebaik –baiknya yang berakhir dengan cara damai tanpa ada dendam dan ancaman atau tidak saling merugikan dari berbagi pihak.

    Mungkin hanya itu surat permohonan maaf dari saya, apabila telah menyinggung dari berbagi belah pihak sekali lagi saya memohon maaf yang sebesar – besarnya kepada lembaga charta politika dan terimakasih telah menyanggupi atau menutupi rela bertanggung jawab untuk menutup sisa honor saya. Semoga apa yang di cita – citakan Ibu Siti Hediati Soeharto untuk menjadi Anggota DPR – RI dari partai Golkar Dapil DIY dapat terwujud dan atas apa yang ibu inginkan terhadap negeri ini segera terbukti, karena do’a dan dukungan masyarakat selalu menaungi jejak langkah hidup keluarga Besar Bapak Almarhum Soeharto dan Ibu Siti Hediati Soeharto,SE.
    Cukup sekian dan terimakasih, salam sukses Ibu Siti Hediati Soeharto, SE..

    Yogyakarta, 09 April 2014
    Hormat saya,
    Nur Wahyu Prabowo

  4. Slam Perjuangan !
    saling bekerja sama dan dukungan dari rakyat mendapat respon Bu Titiek semoga kita bisa mewujudkan Indonesia Tinggal Landas

  5. salam sejahtera dan sukses selalu menyertai mbak titiek.wassalam

  6. BELAJAR SEPERTI PRESIDEN RI (alm) H.M.SOEHARTO

    Demi Kelangsungan Kemerdekaan NKRI
    Boleh dibilang, hampir semua ahli sejarah adalah menyebutkan bahwa Jenderal Soeharto merupakan sosok yang tegas serta memiliki kemampuan yang tak dimiliki manusia biasa. H.M.Soeharto selau tegas untuk mengambil keputusan meski itu dianggap orang beresiko tinggi.

    Bisa dibayangkan, bagaimana seorang Jenderal mampu memaksakan instingnya H.M.Soeharto meski sadar tak mudah mengembalikan modal membangun Indonesia, tetapi beliau nekad meminjam uang ke pihak Luar semata untuk memenuhi kehendaknya agar mampu membangun Bangsa Indonesia, layak sebuah negara dihuni rakyat bernegara.

    Jika kita bayangkan, pak Harto sangat yakin mampu membangun negari ini, apalagi kita tahu utang kepihak luar adalah wajib dibayar beliau, tetapi sebagai pertimbangan bahwa pihak luar telah lama menikmati hasil bumi pertiwi selama dijajah.

    Mungkin banyak ahli pengamatyang mengatakan, hanya Jenderal Soeharto yang sudah terbukti memenuhi kriteria sosok seorang Presiden dan teruji mampu memimpin dan membangun Bangsa Indonesia. Tak dapat dipungkiri, bahwa beliau itu adalah manusia pilihan menjadi pemimpin yang mampu memperbaiki masa depan rakyat negeri ini.

    Melihat dari berbagai kenyataan dengan terbangunnya negeri ini disegala sektor, maka mba Titiek bersama rakyat Indonesia selaku generasi penerus suatu bangsa, harus yakin mampu menyerap ilmu pengetahuan dari semua terobosan beliau yang bersusah payah membangun negeri ini.

    Belajar mendalami dan memahai tujuan mulia dari yang sudah ditata oleh pak Harto, hal ini akan sangat berguna untuk kelangsungan hidup rakyat, baik sebagai sebuah pribadi ataupun kita sebagai bagian suatu bangsa akan semakin lebih sadar mencintai NKRI.

    Namun demikian, demi terujudnya semua apa yang diharapkan oleh pak Harto, adalah tidak salah belajar ilmu yang dimilikinya ilmu “LADUNINYA” yaitu ilmu yang langsung berkata-kata dengan Tuhannya.

    Jika mba titiek dan rakyat bersatu, adalah tak obahnya seperti sapu lidi yang terikat, bersatu dalam satu ikatan PANCASILA sehingga mampu menyapu segala yang mencoba mengotori bumi pertiwi Indonesia teruskan hasil perjuangan beliau H.M Soeharto untuk rakyat Indonesia, yang dahulu sejak merdeka tak ada apa-apanya.

    Kami sebagai rakyat Indonesia sangat yakin, jika mba Titiek mampu menyelami keperdulian beliau H.M.Soeharto membangun rakyat Indonesia dari yang buta aksara dan miskin dan sekarang telah menyikmati hasilnya, tentu mba titiek akan menghindari sifat ayam yang sedang beranak kecil. Kata orang tua, dimana induk ayam jika diberi makan oleh tuannya, sesaat dia akan asik mengajari anaknya belajar matok makanannya, tetapi ketika kedatangan ayam lain, sang induk ayam langsung berang mengejar yang datang, tanpa disadarinya, bahwa dia meninggalkan kehidupan masa depan anaknya, sewaktu waktu anak ayam bisa disambar elang.

    Bersatu dengan hati yang iklas, mengalah untuk kemenangan adalah langkah memperkuat semangat perjuangan untuk tercapai meneruskan cita-cita beliau (alm) H.M.Soeharto, menuju Indonesia tinggal landas.

    Oleh karena itu, mba titiek mulailah mengikat hati dan pikiran rakyat dengan tujuan bersatu membangun bangsa Indonesia untuk lebih baik demi keutuhan dan tercapai Indonesia Tinggal landas, rakyat tertolong sandang pangan tanpa harus ada korupsi menggerogoti negeri ini. maaf…..

    Sekedar masukan karya anak negeri

    dari :

    segenap personil SKU Patroli Rakyat

  7. RAKYAT CINTA TANAH AIR MEYAKINI
    PARA SUHADAH PENDAHULU, BANGGA TERHADAP MBA TITIEK

    ALAM JUGA MENETESKAN HUJAN, BUKTI MERESTUI
    NIATAN MBA TITIEK ADALAH MASA DEPAN NEGERI INI

    Apalagi setelah menyaksikan

    Terlihat dengan jelas saat, Didit membalas sapaan dan salaman mas Prabowo. dan juga terlihat mencium pipi kanan dan pipi kiri Didit. Hal senada dilakukan Prabowo saat menyapa Titiek. Dia terlihat langsung menunjukan kepatriotannya seperti sumpah dalam darahnya tetap membina kekeluargaan demi rakyat mencintai tanah air Indonesia.

    Tindakan yang dilakukan mas Prabowo itu tentu mulai membuka pikiran rakyat negeri ini, bahwa mas Prabowo dan mba Titiek adalah pilihan alam indonesia, tak satupun kekuatan yang mampu melawan alam, rakyat bangga mba meluruskan sejarah perjuangan yang dirintis oleh beliau Presiden RI (alm) H.M. Soeharto.

    Tampak semua pendukung mba dan mas Prabowo bergumam bangga. Semangat perjuangan perduli NKRI dan sangat membutuhkan hati yang tulus dari mba Titiek. Oleh karena ALLAH bersatulah dalam PANCASILA sehingga tercapai menjadi kebanggaan orang tua para pendahulu, terutama rakyat negeri ini.

    sekedar seruan salam semangat

    dari :

    Segenap personil SKU-Patroli Rakyat
    dengan motto : Pemersatu suara Nusantara

  8. pernah saya mendengar dalam acara debat yang saya rekam dari BBC,ini penggalan kalimat bijal Pak Prabowo “SAYA SANGAT SETUJU DENGAN PENDAPATNYA PAK JOKOWI DAN PAK JK…”saya pikir kalimat tersebut tidaklah mudah diucapkan dan keluar dari mulut seseorang ,apabila tidak ada sifat RENDAH HATI dari yang bersangkutan.Ini adalah modal awal KARAKTER BAIK dari PEMIMPN MASA DEPAN.
    Amin

  9. pernah saya mendengar dalam acara debat yang saya rekam dari BBC,ini penggalan kalimat BIJAK Pak Prabowo “SAYA SANGAT SETUJU DENGAN PENDAPATNYA PAK JOKOWI DAN PAK JK…”saya pikir kalimat tersebut tidaklah mudah diucapkan dan keluar dari mulut seseorang ,apabila tidak ada sifat RENDAH HATI dari yang bersangkutan.Ini adalah modal awal KARAKTER BAIK dari PEMIMPN MASA DEPAN.
    Amin

  10. Diantara semua anak – anak Almarhum Pak harto, Mba Titiek yang paling ramah, saya menilainya dari senyuman dan kalau tertawa, sangat bersahabat. Tidak jaim dan sangat alami.
    Mba Titiek perbedaan paling mendasar antara Prabowo dan Jokowi sbb :
    1. Prabowo bercita-cita menjadi Presiden, sehingga Prabowo bertindak dengan keinginannya sendiri, sedangkan Jokowi maju sebagai Capres karena disuruh oleh Partai jadi apapun tindakannya nanti adalah atas keinginan Partai.
    2. http://politik.kompasiana.com/2014/07/05/prabowo-pilihan-terbaik-671897.html
    3. http://politik.kompasiana.com/2014/07/08/besok-selisihnya-meyakinkan-672703.html

  11. http://politik.kompasiana.com/2014/07/10/menggugat-hasil-hitung-cepat-672918.html
    Menggugat Hasil Hitung Cepat
    OPINI | 09 July 2014 | 19:09 Dibaca: 90 Komentar: 2 1
    Kronologis tadi siang jam lebih kurang 14.00 WIB, saya menonton Acara Quict Count, di Trans TV. Ada yang aneh ketika Data LSI dan Lembaga Survei lain yang memenangkan pasangan Jokowi baru mencapai angka 75 % Total data. Dengan angka kemenangan untuk Jokowi- Jk mencapai 52 s/d 53 % k emudian pembawa acara mengarahkan pada kegiatan Tim Jokowi- JK yang telah menyiarkan Konfrensi Pers Perayaan kemenangan. Nampak pada raut wajah Tim Jokowi- JK, yaitu Megawati, Jusuf Kalla, Puan Maharani, Jokowi dan lain- lain ada kesan haru dan baru saja selesai melakukan perayaan suka cita. Saya hanya bisa tersenyum karena merasa lucu. Inilah penjelasan saya :

    Batas waktu memilih di TPS adalah sampai Jam 13.00 WIB. Jadi Hanya Dalam Tempo Kurang dari satu jam Lembaga Survei terkhususnya LSI telah mendapatkan Hasil Quict Count, mencapai angka 100 % data dari seluruh Indonesia. Kemudian data ini telah diberikan pada Pasangan Jokowi – Jk sehingga selebrasi kemenangan telah dilakukan, sedangkan data lainnya dipublikasikan melalui TV Trans. Jadi ada dua data yang dibuat pertama data untuk menciptakan suasana suka cita di Markas Tim yang akan konfrensi Pers yang setengah jam lebih cepat diberikan dan angka untuk disiarkan diacara Quict Count yang disiarkan secara langsung oleh Trans TV, yang dibuat seolah data datang bertahap. Contohnya ketika Rosiana Silalahi akan mengarahkan acara pada Konfrensi pers Kubu Jokowi – JK , kita dapat melihat pada saat itu angka data masuk yang disiarkan baru mencapai kurang lebih 20 % seluruh Indonesia untuk kemenangan Jokowi – JK, kemudian disela oleh Jeda Iklan kurang lebih tiga menit. sangat mengagetkan tiba-tiba angka yang telah masuk dari LSI mencapai 75 % dengan presentase 53 % untuk Jokowi dan 47 % untuk Prabowo. Pertanyaannya kenapa hanya selang tiga menit Presentase angka Data masuk berubah sangat cepat, jawabannya untuk menyeimbangkan dengan acara Konfrensi Pers kemenangan Jokowi-JK. Yang telah berlangsung tetapi karena caranya kurang rapi tetap saja ketahuan, karena Data masuk yang disiarkan oleh Trans TV baru mencapai 75 s/d 80 % dari semua lembaga Survei yang memenangkan Jokowi- JK, tapi Kubu Jokowi- JK sudah Konfrensi Pers. jadi LSI telah menyiapkan dua data hasil survei yang pertama data 100 % untuk Konfrensi Pers kemenangan Jokowi – JK dan Data 80 % untuk disiarkan pada TV Trans.

    Saya coba melihat data hasil Quict Count yang pernah dilakukan oleh LSI dalam pemilihan kepala Daerah, tidak pernah sekalipun LSI berani atau pernah menyajikan data kepada media dan masyarakat dibawah tiga jam untuk mencapai akurasi data final 100 %. jadi sangat aneh untuk cakupan Pilpres yang wilayahnya lebih luas LSI dan Lembag Survei lain bisa menayangkan data finalnya hanya dalam waktu satu Jam.

    Baca tulisan saya, http://politik.kompasiana.com/2014/07/08/besok-selisihnya-meyakinkan-672703.html. Yang intinya memberikan angka kemenangan 53 s/d 54% untuk kemenangan Prabowo- Hatta dan 46 s/d 47 % untuk Jokowi JK. Tetapi saya hanya tersenyum karena ternyata LSI mencontek angka saya hanya dibalik 54 % untuk Jokowi- JK dan 46 % untuk Prabowo – Hatta. Jadi ada persamaan antara data saya dengan LSI, yaitu sama- sama angkanya disiapkan sehari sebelumnya, jadi bukan Real Count dan perbedaannya kalau saya memenangkan Prabowo tanpa dibayar Prabowo sedangkan LSI jelas, memenangkan Jokowi karena menerima bayaran.

    Jadi sebaiknya kita tunggu saja 22 Juli

    Alec Baldin

    jnovovic69@yahoo.com

  12. sugeng sedayanipun mugi2tansah pinangih raharjo ingkang karahayon salam taklim kangge sedoyonipun kulowargo ageng cendana sedoyo tindak tanduk soho solah bowo mugi kalebetno minongko amal kesaenan kulo lan panjenengan sami aminn..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)