Jun 072014
 

Cerita dari Sahabat

Episode Mencapit Untung dari Lobster

Tayang : Minggu, 18 Mei 2014 Pukul 06.30 WIB

 

Cerita tentang Nelayan Lombok Timur Budidaya Lobster air laut.

Lombok timur dengan panjang pantai sebesar 220 km yang terbentang dari selatan ke utara memiliki beragam potensi laut. Potensi pengembangan perikanan budidayanya terdiri budidaya laut yakni mutiara, ikan kerapu, udang lobster, rumput laut, teripang dan kekerangan dan budidaya tambak terdiri dari budidaya ikan bandeng dan budidaya udang.

Budidaya lobster meningkatkan kesejahteraan nelayan, keuntungan 5 kali lipat dari modal. Pembenihan lobster masih tergantung dari alam, budidaya pembenihan belum bisa secara massal. Karena tingginya harga,  Lobster lombok sudah dipasarkan keluar pulau sampai mancanegara.

Budidaya lobster sangat mudah dengan keuntungan yang menjanjikan. Sekalipun begitu, ada kendala yang harus dihadapi, salah satu nya adalah kelangkaan bibit. Nelayan dan Pembudidaya Lobster terjepit dengan membumbungnya harga bibit lobster karena Kelangkaan bibit. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah pembentukan asosiasi dan regulasi yang melindungi nelayan.

Salam Karya

Salam Pembangunan

 

Titiek Soeharto

Titiek Soeharto

Siti Hediati Soeharto SE, putri Presiden RI kedua HM Soeharto, Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPP Partai Golkar, Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI), Ketua Umum Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI), Pembina Yayasan Supersemar, Pembina Yayasan Purna Bhakti Pertiwi. Follow Titiek Soeharto on : Facebook, Google+, Twitter, linkedin

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)