Mar 122018
 

Mangkrak Belasan Tahun, Titiek Soeharto Ingin Ajak Menko Luhut Tinjau Kondisi Pelabuhan Tanjung Adikarto

Anggota Komisi IV DPR RI Titiek Soeharto saat meninjau kembali Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kulonprogo/Foto: Jatmika H Kusmargana.

 

YOGYAKARTA — Anggota Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Haryadi SE (Titiek Soeharto) mendesak pemerintah pusat segera memprioritaskan penyelesaian pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kulonprogo, Yogyakarta yang telah belasan tahun mangkrak.

Ia mengaku akan meminta Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, datang langsung ke lokasi Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kulonprogo. Sehingga Luhut bisa melihat sendiri kondisi pelabuhan dan segera mengkoordinasikan jajaran kementerian terkait di bawahnya, dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

“Saya ingin undang Menko Maritim kesini, agar bisa lihat sendiri. Karena beliau yang bisa koordinasikan kementerian di bawah beliau,” ujar Titiek Soeharto saat meninjau langsung kondisi Pelabuhan Tanjung Adikarto, di Kulonprogo, Jumat (09/03/2018).

Titiek Soeharto sendiri mengaku sudah berkali-kali mempertanyakan persoalan mandegnya proses pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kulonprogo, ke pemerintah. Termasuk ke Menteri Kelautan dan Perikanan, namun hingga saat ini nyatanya belum ada kelanjutan pembangunan sama sekali

“Saya pernah sampaikan ke Mentri KKP. Tapi katanya bukan tugas KKP. Tapi tugas Kementerian PU. Tolong koordinasikan. Mestinya harus ada koordinasi antar kementerian agar bisa cepat selesai dan bisa segera beroperasi,” ujarnya.

Sejak mulai dibangun tahun 2003/2004 lalu Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kulonprogo, sebagaimana diketahui hingga saat ini belum bisa dioperasikan. Meski seluruh bangunan pelabuhan yang ada di darat telah selesai dibangun, namun kondisi bangunan pemecah ombak atau breakwater belum sepenuhnya jadi dan berfungsi.

Hal itu membuat pasir laut terus masuk ke jalur perlintasan kapal menuju pelabuhan. Sehingga mengakibatkan kapal-kapal besar tidak bisa melintas masuk ke pelabuhan, karena jalur perlintasan terlalu dangkal. Pemerintah sendiri dikabarkan baru akan menyelesaikan persoalan pembangunan breakwater Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kulonprogo, pada 2020 mendatang.

“Kalau harus menunggu sampai 2020 terlalu lama. Kalau bisa (diselesaikan) sekarang, kenapa harus menunggu. Meskinya harus secepatnya diselesaikan,” pungkas Titiek Soeharto yang sudah ketiga kalinya ini meninjau pelabuhan Tanjung Adikarto, Kulonprogo.

 

Sumber : https://www.cendananews.com/2018/03/mangkrak-belasan-tahun-titiek-soeharto-ingin-ajak-menko-luhut-tinjau-kondisi-pelabuhan-tanjung-adikarto.html

Admin

. Follow Admin on : Facebook, Google+, Twitter, linkedin

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)