Mar 062018
 

Dorongan SO 1 Maret Hari Nasional, Titiek Soeharto: Serahkan pada Rakyat

 

YOGYAKARTA – Putri Presiden kedua  RI, HM Soeharto, Siti Hediati Haryadi, memberikan tanggapan terkait munculnya dorongan menjadikan Peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949 sebagai hari besar nasional. Titiek Soeharto mengaku menyerahkan sepenuhnya hal itu kepada masyarakat. 

“Ya, kita kembalikan ke masyarakat. Kita maunya begitu. Bisa diperingati semua orang. Untuk mengingat apa yang terjadi saat itu. Namun sekali lagi, terserah masyarakat,” katanya, seusai menghadiri acara penanaman dan pemberian bantuan bibit pohon produktif oleh tujuh yayasan Pak Harto kepada warga sekitar lereng Gunung Merapi di dusun Kaliadem, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman.

Anggota Komisi IV DPR RI yang akrab disapa Titiek Soeharto ini mengatakan, peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan peristiwa sejarah yang sangat penting bagi perjalanan bangsa Indonesia. Mengingat dengan adanya peristiwa itu, posisi tawar pemerintah Indonesia di mata dunia internasional semakin menguat. Sehingga membuat pihak Belanda akhirnya mau melakukan perundingan dan angkat kaki dari bumi Indonesia.

“Peristiwa Serangan Umum 1 Maret sangat penting. Karena Indonesia ketika itu dianggap sudah tidak ada lagi. Namun, serangan itu mampu membuka mata dunia internasional, bahwa negara indonesia masih ada,” katanya.

Dengan ditetapkannya peringatan Serangan Umum 1 Maret sebagai hari besar nasional, menurut Titiek Soeharto, semestinya akan mampu menggemakan hari bersejarah itu di seluruh wilayah Indonesia. “Supaya tidak luntur, dan generasi muda tahu sejarah bangsa,” katanya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah elemen masyarakat, khususnya di Yogyakarta, mendorong Peringatan Serangan Umum 1 Maret ditetapkan sebagai agenda nasional. Yakni, dengan menjadikannya sebagai hari besar nasional. Hal itu dinilai perlu, karena peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 memiliki posisi penting bagi perjalanan bangsa Indonesia.

Titiek Soeharto seusai acara penanaman dan pemberian bantuan bibit pohon produktif oleh tujuh yayasan Pak Harto kepada warga sekitar lereng Gunung Merapi di dusun Kaliadem, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

 

Sumber : https://www.cendananews.com/2018/03/dorongan-so-1-maret-hari-nasional-titiek-soeharto-serahkan-pada-rakyat.html

Admin

. Follow Admin on : Facebook, Google+, Twitter, linkedin

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)