Jun 082014
 

Cerita dari Sahabat

Episode Aroma Kopi Luwak Termahal di Dunia

Tayang : SCTV Minggu, 8 Juni 2014 Pukul 06.30 WIB

Cerita dari para sahabat tentang petani-petani kopi luwak di Bali.

Bali merupakan andalan wisata Indonesia dengan pantai nya yang indah, sedang dipedalalaman seperti kintamani juga dengan pertanian, peternakan dan perkebunannya. Kopi arabika kintamani sangat menguntungkan.

Kopi kintamani sangat istimewa karena penanaman nya organik. Sekarang lebih populer lagi dengan kopi luwaknya. Fermentasi oleh luwak meningkatkan aromanya. Kopi luwak kintamani merupakan termahal didunia. Ekspornya mencapai jepang, korea, vietnam, russia, jerman, belanda.

Desa Landih Kabupaten Bangli merupakan penghasil kopi luwak. luwak dibiarkan hidup liar. Aroma kopinya beraroma harum dan segar jeruk.

Perkumpulan petani dibentuk th 1997, dilatarbelakangi oleh dikuasainya oleh tengkulak, dari perkumpulan dibentuk menjadi koperasi KSU Bale Dane Mesare tahun 2004 dengan anggota 1400 petani. Kegiatannya mulai dari simpan pinjam sampai peningkatan kualitas produksi dan petani. Pendapatan petani kemudian meningkat rata2 per hari 100rb-150rb.

Ada kreatifitas dan kekerabatan dalam menjalankan usaha, inilah yang ingin ditunjukkan oleh petani kintamani, semangat kretifitas dan kekerabatan telah menjadi inspirasi dalam meningkatkan perekonomian warga.

Salam Karya
Salam Pembangunan

Titiek Soeharto

Titiek Soeharto

Siti Hediati Soeharto SE, putri Presiden RI kedua HM Soeharto, Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPP Partai Golkar, Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI), Ketua Umum Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI), Pembina Yayasan Supersemar, Pembina Yayasan Purna Bhakti Pertiwi. Follow Titiek Soeharto on : Facebook, Google+, Twitter, linkedin

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)